Image of KEPUASAN DAN HARAPAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK KLIPANG SEHAT KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Text

KEPUASAN DAN HARAPAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK KLIPANG SEHAT KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG



Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul
sebagai akibat dari layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien
membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Harapan pasien adalah
vi
harapan yang dimiliki pasien terhadap layanan kesehatan yang diterimanya.
Harapan pasien dapat berupa hasil kesehatannya atau akan kerjasama dalam
perawatan. Beberapa pasien mengeluhkan atas harapannya yang tidak terpenuhi
akibat tidak sedianya obat di Apotek Klipang Sehat. Berdasarkan hal diatas maka
peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai tingkat kepuasan dan
harapan pasien terhadap pelayanan informasi obat di apotek Klipang Sehat
Kecamatan Tembalang Kota Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan harapan
pasien terhadap pelayanan informasi obat di apotek Klipang Sehat Kecamatan
Tembalang Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif untuk
menggambarkan tingkat kepuasan dan harapan pasien terhadap pelayanan
informasi obat di apotek Klipang Sehat Kecamatan Tembalang Kota Semarang.
Hasil persentase tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi
obat di Apotek Klipang Sehat pada dimensi kehandalan (reliability) sebesar
92,56% (sangat puas),dimensi ketanggapan (responsiveness) sebesar 97,08%
(sangat puas), dimensi Jaminan (assurance) sebesar 95,62% (sangat puas),
dimensi empati (empaty) sebesar 96,97% (sangat puas), dan dimensi bukti fisik
(tangible) 97,62% (sangat puas). Hasil persentase harapan pasien terhadap
pelayanan informasi obat di Apotek Klipang Sehat pada dimensi personal need
97,10% (sangat puas) dan dimensi transitory service intensifier 95,46% (sangat
puas). Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan dan harapan pasien
terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Klipang Sehat diklasifikasikan sangat
puas dengan rata-rata 95,97% untuk kepuasan pasien dan 96,28% untuk harapan
pasien kategori sangat puas.
Kata kunci : Apotek, Pelayanan Apotek, Kepuasan dan Harapan pasien


Ketersediaan

A/46/KTI/2025011.75 SRI kMy Library (REFRENSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 SRI k
Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera : SEMARANG.,
Deskripsi Fisik
x + 87 hal; 29 cm x 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
000
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya